0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kisah Menarik Dibalik Alat Seduh French Press

seorang lelaki berkemeja biru menuangkan kopi hitam hasil seduhannya dari french press ke dalam gelas

Alat ini memang dikenal dengan banyak nama, biasa disebut juga dengan Coffee Plunger atau Coffee Press. Alat seduh ini tentunya sudah sangat dikenal oleh semua orang, karena kemudahan dalam penggunaan dan selain kopi biasanya digunakan juga untuk seduh teh. Tapi kenapa awalnya alat ini lebih dikenal dengan nama French Press?

Tidak ada catatan resmi tentang siapa penemu alat ini, banyak orang Perancis klaim bahwa alat ini ditemukan oleh bangsa Perancis (tentunya). Di beberapa artikel disebutkan pada tahun 1800an ada seorang bangsa Perancis yang menggunakan alat seduh kopi dari bahan metal dan menekan bubuk kopi ke bagian bawah dengan penyaring keju yang terhubung ke setangkai besi untuk menahan bubuk kopi agar tidak ikut tertuang ke dalam cangkir. Namun, paten pertama untuk French Press justru ditemukan milik seorang designer berkebangsaan Italia dari Milan yaitu Attilio Callimani pada tahun 1929. Alat ini disebut caffetiera a stantuffo dalam bahasa Italia.

Kemudian pada tahun 1958 seorang berkebangsaan Swiss bernama Faleiro Bondanini mematenkan french press buatannya dan mulai memproduksinya secara massal yang dikemudian hari terkenal diseluruh dunia dengan merek BodumFrench press dengan merek ini telah dibuat dengan berbagai variasi baik bahan maupun model yang sangat modern.

french press with a cup of black coffee sit on wood surface table with coffee beans spread out

Alat ini sangat terkenal dikalangan penikmat kopi karena mudah sekali digunakan, cukup menambahkan bubuk kopi, air panas lalu menunggu selama 3-4 menit, dan preeesss. Secangkir kopi nikmat dengan karakter rasa yang kaya dan body yang lebih kuat dibanding alat seduh dengan penyaring kertas langsung bisa dinikmati.

French press adalah alat yang menganut metode rendam, atau disebut full immersion, dimana air panas kontak langsung dan merendam kopi untuk jangka waktu tertentu. Metode ini menyebabkan minyak yang terdapat pada bubuk kopi larut lebih banyak pada hasil seduhan, sehingga kopi memiliki tekstur lebih berat atau ber-body.

Baca juga: Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press

Selain kemudahan dalam penggunaan, dalam hal membersihkan alat ini pun sangat mudah sekali. Cukup membuang bubuk kopi yang tersisa, cuci bersih seluruhnya hingga ke saringan, bilas lagi untuk memastikan bahwa tidak ada bubuk kopi tersisa dan simpan. Selalu basuh french press dengan air panas sesaat sebelum digunakan untuk menghilangkan aroma kopi dari seduhan sebelumnya. Gampang kan?

Leave a response